Life

Kuliner: Tahu Bandung di UK

Kemasan Tahu Bandung by Teh Yuli

Berikut ini adalah review atas produk Tahu Bandung Teh Yuli yang saya beli beberapa kali.

Ada lima produk yang pernah saya beli bersamaan dengan tahu, yaitu sambal terasi, sambah hijau teri, bakso sapi, rendang dan kacang goreng (khas lebaran).

Pertama, produk tahu memiliki karakteristik yang khas sangat berbeda dengan produk tahu yang umumnya dapat dijumpai pada super market di Britania Raya. Tahu ini, sesuai dengan namanya Tahu Bandung, sangat memiliki citarasa tahu khas Sunda yaitu kenyal (tidak mudah hancur) namun lembut dan gurih. Gurih maksudnya tidak perlu ditambah dengan bumbu lagi, tahu ini sudah siap untuk digoreng/dibakar bahkan direbus sebagai teman sayur bening atau sop.

Selain itu, daya tahan tahu ini jika dibandingkan dengan produk tahun lainnya yang sering ditemui di supermarket seperti Longdan dan H-Mart, lebih tahan lama meskipun hanya disimpan di lemari pendingin (uji coba saya 2-4 hari masih bagus), apalagi jika disimpan dalam freezer. Jadi, jika rekan-rekan kagen dengan tahu khas Indonesia, khususnya tahu citara Jawa Barat maka tahu buatan teh Yuli ini sangat recommended.

Kedua dan ketiga adalah produk sambal terasi dan sambal hijau teri. Sebagai pecinta sambal, kedua sambal ini sangat cocok bagi rekan-rekan yang kangen dengan sambal namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat sambal secara maksimal. Khususnya, pada sambal terasi, tidaklah mudah menemukan terasi yang memenuhi standar citarasa nusantara.

Sambal Terasi ala Sunda by Teh Yuli

Sambal terasi ini cocok untuk dipadukan dengan tahu. Meskipun rekan-rekan juga dapat membuat sambal kecap sebagai alternatif. Adapun sambal hijau teri sangat cocok dipadukan dengan rendang, sehingga akan menambah suasana “Masakan Padang” yang maksimal, tinggal rekan-rekan tambah lagi dengan lalap ketimun (sangat mudah didapatkan) dan daun singkong (ini saya belum pernah menemukan sampai saat ini di UK, mohon rekomendasi rekan-rekan jika ada, he2).

Keempat bakso sapi. Kesyukuran utama adalah aspek halal terjamin oleh produsen, yang mana agak sulit kita temui bakso halal di supermarket di Britania Raya (mungkin ini mainnya kurang jauh, he2). Kesyukuran berikutnya, bakso ini full 100% daging sapi, sehingga rasanya pun sangat ‘baksoisme’ (he2).

Bagi rekan-rekan penikmat bakso, namun tidak sempat membuat bakso, khususnya mahasiswa yang kangen jajan bakso, atau bakso untuk campuran mie Indomie, nasi goreng, capcay, dan sop, maka bakso ini sangat cocok dan absolutely recommended. O ya, selain bakso sapi tersedia juga bakso ayam.

Kelima adalah menu favorit saya ‘rendang’. Rendang yang dibuat oleh teh Yuli ini sangat lembut dan memiliki perpadun bumbu yang kuat. Kelembutannya dapat dirasakan seakan si ‘daging rendang’ pasrah atau tanpa perlawanan saat dikunyah. Biasanya, di tanah air, ketika beli menu rendang di rumah makan, pernah dapat daging yang kenyal sehingga sulit dikunyah dan akhirnya pertualangan kuliner kurang maksimal. Namun, hal ini tidak akan dialami jika rekan-rekan mencoba rendang ala teh Yuli.

Terakhir adalah produk kacang goreng, saya pesan ini sebelum pas Ramadhan, untuk teman lebaran pada saat Lockdown. Namun, tampaknya kacang goreng ini bukan teman yang setia, dia menemani hanya sesaat, dan tidak betah berada di toples alias cepat habis (hitungan jam). 🙂

Kesimpulan, dari segi rasa, personally, saya sangat puas. Dari segi pengiriman, selama ini 100% next day delivery. Adapun dari packaging aman dan rapi. Terima kasih atas produknya, khususnya saya yang rindu citarasa tanah air.

London, 16 Agustus 2020