Life

Merencanakan Kedatangan di UK

“Perencanaan menghemat sebagian waktu”

Mengunjungi suatu tempat baru mungkin dipenuhi dengan ketidakpastian ‘uncertainty’. Hal ini mungkin dikarenakan ketidaktahuan atau kurangnya informasi terkait tujuan, kota atau bahkan negara yang baru akan pertama kali dikunjungi. Dengan perencanaan, termasuk di dalamnya, mencari informasi sebanyaknya, akan membantu mengurangi unsur ‘uncertainty’ yang mungkin dapat berpotensi menimbulkan kebingungan ataupun kegelisahan.

Tulisan ini mendeskripsikan beberapa hal yang diperlukan dalam perencanaan kedatangan di negara tujuan baru, dalam konteks melanjutkan studi di United Kingdom (UK). Mungkin juga akan ada yang relevan dengan negara tujuan lainnya.

1. Menentukan arrival time

Waktu kedatangan sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini sangat berhubungan dengan akses transportasi dan fasilitas lainnya di bandara tujuan. Jika di UK, disarankan untuk mencari penerbangan yang tiba di bandara London (Heathrow atau Gatwick) atau kota lainnya pada waktu pagi atau siang waktu setempat. Hal ini akan sangat memudahkan dalam beberapa hal seperti transportasi lokal ke kota London atau ke kota lain di sekitarnya. Selain itu, sebagian besar fasilitas bandara tutup atau tidak beroperasi sejak pukul 10 malam sampai pukul 5 pagi. Di antara fasilitas penting bandara tersebut seperti Premium Lounge, Transfer Transportation antar terminal, dan fasilitas prayer room.

Penunjuk arah menuju fasilitas prayer room Heathrow Terminal 4, 2019

2. Transportasi lanjutan

Mengetahui berbagai alternatif moda tranportasi lanjutan dari bandara tujuan akan sangat membantu kelancaran dan kenyamanan perjalanan. Sebaiknya sebelum berangkat ke UK, sudah terkumpul informasi terkait jenis transportasi (bus lokal atau bus antar kota, jalur kereta, dan taksi) berikut jadwal operasinya dari bandara menuju ke tempat tujuan berikutnya, seperti akomodasi. Selain itu, mini-research terkait pilihan transportasi dapat juga dilakukan dengan mencari informasi dari website kampus dan melalui aplikasi Google Map. Setelah informasi terkumpul, selanjutnya tentukan pilihan.

Sebagai contoh, jika tujuan selanjutnya adalah kota Coventry, maka salah satu alternatifnya adalah bus antar kota seperti National Express (nationalexpress.com). Pada website bus tersebut dalam dilihat jadwal bus yang dapat disesuaikan dengan jadwal penerbangan. Tentunya dengan mempertimbangkan alokasi waktu untuk antrian di imigrasi, custom, pengambilan bagasi, kebutuhan ke toilet, dan waktu untuk pindah terminal, kira-kira 3 jam sudah cukup. Selain itu, jika terdapat beberapa jam keberangkatan bus, seperti 10.30, 12.30, dan 15.30, kalau memungkinkan pilihlah jadwal bus palig awal. Karena, jika tertinggal (semoga tidak terjadi) pada jam keberangkatan pertama, masih ada jadwal selanjutnya.

Suasana antrian pemeriksaan imigrasi, tersedia botol air mineral gratis, 2019

3. Menyiapkan printed dokumen

Selain dokumen visa dan passport ada dokumen tambahan lainnya seperti dokumen studi, nomor kontak penting, alamat tempat tinggal atau akomodasi di UK. Dokumen studi meliputi letter of acceptance (LoA) dan confirmation of acceptance for studies (CAS). Adapun nomor kontak penting seperti nomor telepon teman yang akan menjemput, keluarga dan pihak kampus. Sedangkan catatan alamat tujuan berisi juga rute dan jenis transportasi lanjutan setelah dari bandara. Semuanya ditulis atau diprint pada selembar kertas, tujuannya untuk jaga-jaga, jika hp tidak berfungsi atau lowbattery). Selain itu, tulisan alamat juga dapat digunakan untuk bertanya pada petugas, jika terdapat keraguan arah tujuan.

4. Menyiapkan simcard UK

Simcard UK dapat diperoleh baik di tanah air sebelum keberangkatan, ataupun setelah tiba di bandara UK. Sebelum keberangkatan, simcard dapat diperoleh di tempat pengurusan UKVISA. Seperti pada konter-konter yang menjual simcard UK di depan kantor pelayanan visa VFS Global Kuningan City, Setiabudi, Kuningan Jakarta. Selain itu, jika beruntung, simcard gratis juga dapat diperoleh dari kantor agen studi luar negeri seperti IDP Jakarta. Biasanya setelah pembekalan sebelum keberangkatan akan ditawarkan/dibagikan simcard tersebut. Adapun untuk mendapatkan simcard UK setelah tiba di bandara, yaitu dengan cara membeli langsung pada toko atau konter dan vending machine yang tersedia di terminal kedatangan bandara (e.g., Heathrow).

London, 10 September 2019

Selamat merencanakan dan selamat datang di UK!