Masjid Near Me

Mayfair Islamic Centre

Masjid ini adalah masjid pertama yang penulis kunjungi di United Kingdom, khususnya di kota London.

Pintu Masuk
sumber: mayfairislamiccentre.org.uk

Bentuknya tidak seperti masjid pada umumnya di tanah air. Masjid ini merupakan renovasi atau alih fungsi dari bagunan perumahan berlantai empat, atau tiga lantai versi Inggris (lantai dasar, 1, 2 dan 3). Jika melintas di depannya, tentunya tidak akan menyangka bahwa gedung tersebut adalah sebuah masjid. Selain bentuk bangunan, tulisan di depan bangunan tersebut juga tidak tertulis ‘masjid’ melainkan ‘Islamic centre’. Hal ini akan banyak dijumpai di kota London dan sekitarnya, selain kata ‘Muslim association’ dan ‘Islamic cultural centre’, yang juga dapat berarti tempat untuk beribadah shalat berjamaah.

Ruang Shalat
Sumber: mayfairislamiccentre.org.uk

Fasilitas masjid ini termasuk lengkap dan bersih. Mulai dari toilet, tempat wudhu (woudu place) dan ruangan sholat (prayer room) sangatlah nyaman. Suasana interior masjid dominan dilapisi karpet warna merah, termasuk juga tangga yang berkarpet merah. Jika melihat interior dan bahasa yang digunakan dalam penunjuk arah dan tempat, masjid ini dibangun dan dikelola oleh komunitas timur tengah (Arab).

Masjid ini menjadi tempat favorit untuk singgah shalat baik bagi para pekerja maupun para wisatawan. Selain letakknya di jantung kota London, tepatnya antara Green Park dan Hyde Park, yang bernuasa daerah perkantoran dan sekaligus tempat tujuan wisata. Selain itu, masjid ini juga dikelilingi beberapa hotel bintang lima seperti London Hilton, Four Seasons, Sheraton dan Athenaeum.

Jika anda berniat berwisata ke kota London, khususnya tempat wisata seperti Green Park, Buckingham Palace, Hyde Park, dan Kensington Palace, maka masjid ini adalah tempat yang pas untuk disinggahi.

Tempat Wudhu
Sumber: mayfairislamiccentre.org.uk