Life

Tips Membuka Rekening Bank di Inggris

Prosedur pembukaan rekening bank di luar negeri khususnya di United Kingdom mungkin dirasakan cukup membingungkan bagi sebagian orang. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi pendatang baru seperti pelajar atau mahasiswa yang baru tiba di Britania Raya. Tulisan ini akan menjelaskan beberapa prosedur dan tips untuk memilih dan membuka rekening tabungan di beberapa bank besar untuk pelajar atau mahasiswa.

1. Jenis rekening (account)
Jenis rekening yang memungkinkan bagi seseorang dengan status pelajar atau mahasiswa adalah student account atau international student account. Artinya, pilihan jenis rekening bagi pelajar/mahasiswa hanya terbatas untuk pilihan tersebut. Hal ini dikarenakan status sebagai pelajar dan status sebagai pelajar internasional berdasarkan visa yang didapatkan dari pemerintah Inggris. Selain itu, jenis-jenis rekening yang ditawarkan oleh bank paling tidak ada tiga jenis cash account, current account dan saving account. Adapun student account termasuk pada jenis cash account (kasus di Barclays dan Metro). Sedangkan jenis lainnya diperuntukkan bagi profesi lainnya seperti profesional dan warga umum. Oleh karena itu, pihak bank akan memberikan informasi dan rekomendasi jenis rekening yang sesuai dengan status masing-masing nasabah.

2. Menentukan pilihan
Paling tidak ada 3 (tiga) pertimbangan dalam memilih bank yaitu ketersediaan layanan, fasilitas dan biaya. Pertama, ketersediaan layanan merupakan hal yang paling penting dalam menentukan pilihan bank. Artinya, bank mana saja yang memiliki produk rekening bagi international student, karena tidak semua bank memiliki layanan dan penawaran yang sama. Sehingga perlu dilakukan survei beberapa bank di sekitar tempat tinggal kita di UK. Faktor kedua adalah fasilitas, yang dimaksud dengan fasilitas adalah ketersediaan ATM dan cashless contact. Kedua hal tersebut adalah fasilitas utama untuk bertransaksi sehari-hari. Fasilitas ATM akan sangat bermanfaat untuk tarik tunai, apalagi kalau ATM bank tersebut lokasinya di dalam kampus atau dekat kampus. Adapun fasilitas cashless contact digunakan untuk transaksi belanja harian di toko grosir, supermarket dan transportasi umum seperti taksi, bus, train dan underground. Sebagai tambahan informasi, taksi online seperti Uber tidak menerima transaksi tunai, transaksi menggunakan kartu debit bank yang telah didaftarkan sebelumnya. Terakhir adalah pertimbangan biaya, umumnya jenis rekening pelajar bebas biaya administrasi bulanan, namun juga bebas bunga (interest free). Biaya yang paling perlu dilihat adalah biaya penerimaan transfer dari luar negeri. Artinya, apabila rekening kita menerima kiriman uang dari luar negeri misalkan dari bank di Indonesia, maka pihak bank akan mengenakan biaya sekitar £6-7 setiap transaksi. Oleh karena itu, akan lebih baik kita mendaftar nama-nama bank yang ada disekitar tempat tinggal kemudian dilakukan perbandingan pada aspek layanan, fasilitas dan biaya-biayanya.

Perbandingan Rekening Bank untuk Pelajar/Mahasiswa, 2019

3. Menjadwal waktu pembukaan rekening
Pada umumnya, bank di London dan kota lainnya mengharuskan membuat janji (appointment) terlebih dahulu apabila hendak membuka rekening. Namun, pada keadaan tertentu ketika pada hari kita datang ke bank sedang tidak ada antrian pada layanan costumer service, maka kita dapat dilayani langsung untuk pembukaan rekening pada hari yang sama. Selain itu, ada beberapa bank yang jadwal bukanya lebih pagi dan tutup lebih akhir, bahkan seperti Metro Bank tetap buka pada akhir pekan (weekend). Oleh karena itu, akan lebih baik untuk datang pada awal jam operasional yang dapat dilihat melalui website bank yang telah didaftar.

4. Melengkapi persyaratan
Sebagai international student terdapat 3 (tiga) dokumen asli yang harus dibawa pada saat pembukaan rekening yaitu surat keterangan dari kampus, BRP (Biometric Residence Permit) dan Passport. Surat keterangan mahasiswa merupakan persyaratan utama yang harus dibawa pada saat pembukaan rekening. Surat ini harus menjelaskan status mahasiswa aktif dan alamat tempat tinggal di UK. Untuk dapat memperkuat surat ini perlu juga membawa kartu mahasiswa untuk jaga-jaga, jikalau ditanya oleh petugas bank, meskipun pengalaman saya kartu mahasiswa tidak ditanyakan. Selain itu, BRP diperlukan untuk menunjukkan status visa mahasiswa dan lama visa yang diberikan oleh pemerintah Inggris. Dokumen terakhir adalah passport yang digunakan untuk melengkapi identitas pribadi dari pemohon pembukaan rekening. Intinya, siapkan ketiga dokumen di atas dalam sebuah map untuk memudahkan dalam proses pembukaan rekening di bank.

Proses ini sekitar 15-30 menit sesuai dengan banyak tidaknya layanan yang kita inginkan, seperti mobile banking, internet banking, phone banking dan sms banking. Semua layanan tersebut langsung aktif sebagaimana nomor rekening baru kita pada saat pendaftaran selesai. Namun, kartu atm/debit baru dapat kita terima sekitar 3-5 hari kerja setelah pendaftaran di alamat tempat tinggal yang tertulis dalam surat keterangan dari kampus. Selain itu, kita tidak perlu langsung membawa uang untuk deposit sebagai setoran awal, jadi saldo kita akan tercatat ‘nol’ dalam aplikasi mobile banking.

Ada informasi yang beredar di kalangan mahasiswa, apabila kita menerima dana di rekening kita di bank UK dalam jumlah besar misalkan lebih dari GBP 5,000 dalam satu transaksi per hari, maka rekening kita akan dibekukan (hold) oleh bank karena jumlah besar tersebut akan dipertanyakan. Namun, berdasarkan pengalaman pribadi dan bertanya langsung kepada petugas bank (Barclays), kebijakan pembekuan rekening tersebut tidak ada masalah, artinya menerima dana besar tidak akan dicurigai. Hal ini dibuktikan dengan rekening baru saya menerima dana transfer sejumlah sekitar GBP 11,000 dalam satu transaksi dan hari yang sama, tidak mengalami kendala sebagaimana informasi di atas. Hal ini mungkin terjadi di bank-bank UK lain selain Barclays. Adapun di Metro Bank, pihak bank akan bertanya kemungkinan transfer luar negeri yang akan masuk ke rekening kita. Sebagai contoh, kita akan mendapatkan kiriman uang dari Indonesia, kemudian negara Indonesia perlu disebutkan sebagai data bagi bank. Artinya, apabila ada dana masuk namun tidak berasal dari negara Indonesia, maka transfer tersebut akan ditunda oleh pihak bank. Oleh karena itu, penting untuk memberitahu bank nama negara asal dana transfer yang masuk ke rekening kita di UK.

Namun, apapun banknya, pastikan untuk bertanya terlebih dahulu hal-hal yang dibutuhkan seperti informasi pembekuan, biaya transaksi, produk tabungan yang paling cocok untuk mahasiswa international, serta tabungan tanpa bunga dan fee. Akhirnya, setelah beberapa hari secara berturut-turut pihak bank akan mengirim surat konfirmasi, kartu atm/debit dan token untuk internet banking dan informasi lainnya kepada alamat tempat tinggal kita. Ketika kartu atm telah diterima, maka kita sudah dapat menggunakan dan bertransaksi dengan menggunakan kartu tersebut.

Link:

Metro Bank: https://www.metrobankonline.co.uk/bank-accounts/products/cash-account/
Halifax: https://www.halifax.co.uk/bankaccounts/current-accounts/student-account/?WT.ac=student_bankinghomepage
Lloyds: https://www.lloydsbank.com/current-accounts/all-accounts/student-account.asp#collapse5-1499456163436
Barclays: https://www.barclays.co.uk/current-accounts/international-student-bank-account/